Amal: Jurnal Ekonomi Syariah
Vol. 4 No. 2 (2022)

STRATEGI PEMASARAN SAGU DALAM MENINGKATKAN POTENSI PASAR PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS SYARIAH

Sermaf, Nur Jihan Fahira Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran sagu dalam meningkatkan potensi pasar ditinjau dari perspektif manajemen bisnis syariah di Dusun Hurnala Kabupaten Maluku Tengah. Jenis  penilitian  ini adalah  penelitian kualitatif  deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran  referensi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penerapan strategi yang digunakan oleh pengusaha sagu adalah menjadikan pasar sebagai tempat menjual usaha sagu mereka dan juga ada beberapa penjual sagu yang menggunakan media sosial sebagai tempat promosi dan karena pengetahuan dari masyarakat atau konsumen sagu banyak yang sudah mengetahui tempat goni atau rumah pengusaha sagu tersebut dari mulut ke mulut sehingga konsumen langsung membeli sagu di goni atau memesan sagu melalui telpon. Usaha sagu di Dusun Hurnala berupa tumang, sagu lempeng, dan sagu gula.  Strategi pemasaran sagu perspektif bisnis syariah yang dilakukan oleh penjual sagu di Dusun Hurnala menerapkan strategi pemasaran yang mencontoh praktik pemasaran dan sifat Nabi Muhammad saw, yaitu Siddiq (jujur, benar), Amanah (Dapat Dipercaya), Fathanah (Cerdas), dan Tabligh (komunikatif).Kata kunci: Strategi, Pasar, Sagu, Pemasaran, Bisnis Syariah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

amal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Amal: Jurnal Ekonomi Syariah mempublikasi artikel ilmiah hasil penelitian yang memuat kajian seputar Ekonomi Bisnis, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Pembangunan, dan Ekonomi Syariah. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah dikelola oleh Fakultas Sariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon. ...