Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)

Pengaruh E-Commerce Terhadap Prilaku Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Shopee di Kota Bima)

Puji Muniarty (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima)
M Rimawan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima)
M Syukur Dwiriansyah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima)
Dhini Nurullah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Di Indonesia saat ini bisnis online berkembang sangat pesat yang ditandai dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi. Salah satu bisnis online di Indonesia adalah e-commerce yang ikut berkembang dengan adanya perkembangan internet dan perubahan perilaku konsumen. Khususnya di wilayah kota bima masyarakat lebih memilih berbelanja secara online ketimbang belanja offline seperti dulu.penelitian ini digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh E-Commerce shoope pada prilaku konsumen dikota bima. Metode pada penelitian ini menggukan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Hasil dari penelitian ini adalaah Ho ditolak dan Ha diterima yang dapat diartikan bahwa variable E-Commerce (X) memiliki pengaruh Positif yang signifikan terhadap Variabel Perilaku konsumen (Y).kemudian kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahwa instrument pada peneltian dapat dinyatakan semuanya valid dan reliable.Lalu pada pengujian koefisien determinasi diketeahui besarnya kontribusi variabel E-Commerce Terhadap perilaku konsumen adalah sebesar 23,2%. Berdasarkan hal terpenting yang perlu ditekankan adalah pentingnya kepercayaan ,harga ,informasi yang lebih baik untuk dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada market place shoope di kota bima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurbisman

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal ...