Latar Belakang: Mahasiswa sebagai hasil dari bagian suatu proses dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, proses yang tak luput dari peranan sikap, sifat, tingkah laku serta kepribadian dari Dimensi Big Five serta pengelolaan Self-Leadership dalam diri pribadi mahasiswa yang mampu berperan dalam mencapai Prestasi Akademiknya. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari Big Five Personality dan Self-Leadership terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Metode Penelitian: Metode penelitian Kuantitatif Deskriptif dengan Analisis Regresi Linear Berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Subyek penelitian adalah Mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Fakultas Ilmu Kesehatan jenjang Sarjana S1 Program Studi Fisioterapi, Keperawatan dan Gizi sebanyak 122 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif signifikan dimensi Openness to experiences terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan t hitung > t tabel sebesar (2,241 > 1,658) dan nilai signifikansi (0,027 < 0,05), (2) terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan dimensi Conscientiousness terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan t hitung > t tabel sebesar (1,842 > 1,658) dan nilai signifikansi (0,068 > 0,05), (3) terdapat pengaruh positif signifikan dimensi Extraversion terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan t hitung > t tabel sebesar (2,945>1,658) dan nilai signifikansi (0,004 < 0,05), (4) terdapat pengaruh positif signifikan dimensi Agreeableness terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan t hitung > t tabel sebesar (2,091 > 1,658) dan nilai signifikansi (0,039 < 0,05), (5) terdapat pengaruh negatif signifikan dimensi Neuroticism terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan t hitung > t tabel sebesar (-3,023 > 1,658) dan nilai signifikansi (0,003 < 0,05), (6) terdapat pengaruh positif signifikan dimensi Big Five Personality secara bersama-sama terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan F hitung > F tabel sebesar (12,965 > 2,29) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05), dan (7) terdapat pengaruh positif signifikan dimensi Self-Leadership terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan t hitung > t tabel sebesar (2,232 > 1,658) dan nilai signifikansi (0,028<0,05).
Copyrights © 2023