Ancaman keamanan terhadap data e-commerce terus berlangsung sejalan dengan perkembangan dan pertumbuhan e-commerce. Hal ini menyadarkan kita betapa pentingnya keamanan data dalam bisnis e-commerce, oleh sebab itu dibutuhkan tindakan perlindungan agar data tetap aman. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisa forensik memori data browser pada aplikasi E-Commerce berbasis Web guna meningkatkan keamanan data browser. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Analisa Forensik dari National Institute of Justice (NIJ) yang terdiri dari lima tahapan yaitu Identification, Collection, Examination, Analysis, dan Reporting. Metode yang digunakan dalam melakukan analisis adalah dengan melakukan studi literatur dan analisa terhadap hasil dari forensik memori yang dilakukan terhadap 5 (lima) E-Commerce berbasis Web yaitu Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan Orami. Dalam hal ini digunakan Key Search untuk melihat data-data Username, Password, Item Barang dan Nominal. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada kelima E-Commerce tersebut ditemukan Item Barang dan Nominal, tetapi tidak ditemukan Password dan Username, kecuali pada Lazada dan Bukalapak ditemukan Username.
Copyrights © 2023