Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences
Vol. 15 No. 2 (2023): July Edition

Pendekatan Manajemen Pendidikan Berbasis Manajemen Kehidupan dalam Islam

Suhartono Suhartono (Universitas Nurul Huda)
Siti Patimah (UIN Raden Intan Lampung)
Tasdiq (Universitas Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pendekatan manajemen pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip manajemen kehidupan dalam Islam. Tujuan utama adalah untuk memahami bagaimana prinsip-prinsip dan nilai Islam dapat diterapkan dalam konteks manajemen pendidikan guna meningkatkan efektifitas dan keberlanjutan sistem pendidikan . Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  studi  kepustakaan. Hasil  penelitian antara lain ; (a) integrasi nilai-nilai Islam dalam manajemen pendidikan bertujuan untuk menciptakan  lingkungan pendidikan  yang sesuai dengan ajaran Islam  , (b) paradigma tauhid dalam manajemen pendidikan mengacu pada  pengakuan bahwa segala sesuatu  dalam kehidupan ini bergantung  dan tunduk kepada Tuhan  (c) penerapan prinsip-prinsip etika Islam  menjadi landasan penting dalam praktik manajemen pendidikan, (d) kepemimpinan dalam institusi pendidikan  harus berakar pada prinsip-prinsip Islam, (e). Keterlibatan orang tua dan masyarakat  dapat meningkatkan pendidikan secara keseluruhan melalui komunikasi, partisipasi dalam pengambilan keputusan

Copyrights © 2023