Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM)
Vol. 11 No. 1 (2023): April

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN PAWON BROMO MALANG

Yulita Dwi Maulani (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Iva Nurdiana Nurfarida (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Adi Suroso (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif (causal comparative research) yang memiliki tujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya hubungan sebab akibat antar variabeldengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen pada rumah makan Pawon Bromo Malang dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 120 responden menggunakan metode accidental sampling untuk menentukan sampel penelitian. Instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada sampel penelitian yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan persepsi kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial persepsi kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRMM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM) terbit 2 (dua) kali dalam setahun (April, Oktober) berisi publikasi hasil-hasil penelitian tugas akhir mahasiswa, karya ilmiah mahasiswa, serta penelitian mahasiswa dan dosen di bidang Manajemen. JRMM diterbitkan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas ...