Kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan yang dirasakan oleh pelanggan setelah membandingkan suatu produk hasilan perusahaan terhadap harapan yang diinginkan akan produk tersebut. Pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi pengguna, pengguna yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengguna Digimos Sotware. Pelayanan menjadi tolak ukur apakah pengguna puas dan tertarik untuk terus menggunakkannya. Pelayanan ini mempengaruhi pengguna untuk tetap setia menggunakan Digimos Software atau beralih ke sistem yang lain. Pada penelitian ini menggunakan metode PIECES terdapat enam variabel atau parameter penting yang sering disebut sebagai "PIECES" (Performance, Information and Data, Economics, Control and Security, Efficiency, dan Service). Metode PIECES digunakan dalam evaluasi sistem karena mencakup aspek-aspek yang penting dan saling terkait untuk mengevaluasi sistem secara menyeluruh. Dengan menggunakan metode PIECES, evaluasi sistem dapat dilakukan dengan lebih komprehensif, menyeluruh, dan sistemik. Ini membantu dalam memastikan bahwa sistem memenuhi kebutuhan dan tujuan yang diharapkan serta mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau peningkatan. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari enam variabel yang dimiliki PIECES framework memiliki nilai rata-rata yaitu nilai performance (3,98), nilai Information and Data (3,99), nilai Economics (4,11), nilai Control and Security (4,28), nilai Efficiency (3,97), nilai Service (4,08). Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Digimos Software secara umum mendapatkan penilaian yang baik dalam konteks analisis PIECES. Rata-rata nilai untuk setiap variabel berada di atas skala 3 (puas), menunjukkan bahwa kinerja sistem, informasi dan data, aspek ekonomi, kontrol keamanan, efisiensi, dan layanan yang diberikan oleh Digimos Software telah memenuhi atau melebihi harapan pengguna. Kata kunci: kepuasan pelanggan, digimos software, pieces framework
Copyrights © 2023