JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)
Vol 8, No 1: June 2023

Aplikasi Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Natalia, Nila (Unknown)
Rahayu, Samirah (Unknown)
Maulana, Alvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) merupakan sebuah tahapan awal untuk melakukan seleksi calon peserta didik baru yang dimulai dari pendaftaran, proses seleksi, hingga proses pengumuman hasil seleksi. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan manajemen penerimaan peserta didik baru secara daring pada jenjang SMP di SMP IT Hayatan Thayyibah Sukabumi yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian dan faktor-faktor penunjang lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu pihak sekolah dalam perhitungan penentuan nilai kelulusan calon siswa dari setiap nilai tes yang di ujikan. Pada penelitian ini, metode yang digunakan merupakan metode Fuzzy Tsukamoto untuk menentukan kelulusan calon peserta didik baru berdasarkan nilai tes akademik, wawancara,  serta BTQ dan rapor sebagai variabel input yang menghasilkan 27 aturan fuzzy, dan 1 output yaitu status kelulusan. Sistem ini menghasilkan sebuah sistem fuzzy dengan menerapkan metode Fuzzy Tsukamoto berbasis aplikasi website yang dapat memudahkan pihak sekolah dalam menetukan kelulusan peserta didik baru. Berdasarkan uji coba yang telah di lakukan dari 12 data yang telah di dapat menghasilkan persentase error yang sangat kecil yaitu sebesar 0,79%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtera

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

TERA (Journal of Engineering Technology) is peer-review journal providing original research papers, case studies, and articles review in engineering technology field. The journal can be used as an authoritative source of scientific information for researchers, researcher academia or institution, ...