Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran mata kuliah keterampilan dasar menulis secara online dengan memanfaatkan Canva yang akan diujicobakan pada mata kuliah keterampilan dasar menulis kepada mahasiswa semester dua. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Instrumen yang digunakan yaitu materi pembelajaran dan tes yang dikembangkan secara online. Pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Pada penelitian ini tahap disseminate tidak dilaksanakan secara luas karena produk hanya terbatas penggunaannya kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh simpulan sebagai berikut. Penilaian berdasarkan lembar validasi ahli berada pada kualifikasi valid dengan rata-rata 3,80. Penilaian berdasarkan kuesioner respon mahasiswa berada pada kualifikasi sangat baik dengan rata-rata 3,30. Penilaian berdasarkan hasil tes mahasiswa berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata 84,24. Jadi, pengembangan media pembelajaran keterampilan dasar menulis berbasis online menggunakan Canva layak untuk dikembangkan di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Copyrights © 2023