Penggunaan kalimat efektif dalam menulis masih menjadi kendala bagi siswa. Hal tersebut membuat kalimat menjadi tidak efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kalimat dalam teks eksplanasi siswa SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo ditinjau dari lima hal. Pertama, keefektifan dari segi kesepadanan, terdapat 42 kesalahan. Kedua, keefektifan dari segi keparalelan, terdapat 17 kesalahan. Ketiga, keefektifan dari segi kehematan, terdapat 30 kesalahan. Keempat, keefektifan dari segi kecermatan, terdapat 42 kesalahan. Kelima, keefektifan dari segi kelogisan, terdapat 19 kesalahan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo. Sumber data penelitian ini adalah teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo yang diperoleh melalui teknik pancing sesuai dengan teknik yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian populasi karena jumlah subjek kurang dari 100, sehingga diperoleh sebanyak 20 teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kabupaten Tebo. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Lalu, teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi.
Copyrights © 2023