Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemasaran, saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran cabai rawit. Data dikumpulkan dengan metode wawancara terstruktur dan metode obsevasi . Jumlah sampel yang diabil dala penelitian ini sebanyak 30 orang dengan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis margin pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total margin pemasaran cabai rawit di KM 12 Kelurahan Holo Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah yang paling tertinggi terdapat pada saluran pemasaran IV yaitu sebesar Rp. 45.000/kg. Sedangkan total margin pemasaran yang paling rendah berada pada saluran pemasaran I yaitu sebesar Rp. 15.000/kg. Seluruh saluran pemasaran cabai rawit di Kelurahan Holo Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah sudah efisien. Saluran pemasaran cabai rawit yang paling efisien adalah saluran III dengan nilai efisiensi terkecil yaitu 0,00 persen. Nilai efisiensi terbesar terdapat pada pola saluran pemasaran IV dengan nilai efisiensi sebesar 10,00 persen.
Copyrights © 2023