Purpose – Upaya yang harus dilakukan bank sebagai lembaga dalam melakukan ativitas penyaluran dana masyarakat guna memaksimalkan pengguna jasa perbankan dalam meningkatkan kinerja perbankan. Design/methodology/approach – Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisa kualitatif dengan menggunakan memanfaatkan data skunder dari perusahaan untuk pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Findings – Keberhasilan pengerahan dana yang dicapai oleh bank tidak diikuti dengan keberhasilan dalam hal pembelanjaan dana. Untuk Ketentuan jangka waktu kredit yang ditetapkan oleh PT. Bank Jatim dianggap kurang panjang, sehingga nasabah merasa keberatan pada saat pembayaran angsuran. PT. Bank Jatim juga masih kurang maksimal menggunakan sumber daya yang ada dalam menarik nasabah kreditur. Nasabah debitur dari Bank Jatim dibebani dengan biaya administrasi pencairan kredit yang dianggap terlalu besar. Beberapa peraturan yang ditetapkan oleh Bank Jatim terlalu ketat untuk pengembalian pinjaman. Research limitations/implications – Penelitian ini hanya berfokus pada objek penelitian bank jatim saja, akan tetapi dalam penelitian ini bisa memberikan pemahan dan juga informasi agar bank jatim bisa melakukan pembenahan dan perbaikan agar bisa memaksimalkan pengerahan dana. Originality/value – Dalam penelitian ini menggunakan data skunder dengan memasukan beberapa data yang dianggap bisa menjadi rujukan dalam penelitian selanjutnya dan juga bisa diperluas dengan objek penelitiannya. Keyword : Bank; Dana; Pembelanjaan; Keuangan; Paper type : Case Study
Copyrights © 2021