Jurnal Basicedu
Vol 7, No 3 (2023): June

Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Digital (API) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX MTs Pada Materi Hutang Piutang

Helnanelis Helnanelis (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Khairul Anam (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2023

Abstract

Perkembangan zaman yang begitu cepat merupakan sebuah tantangan bagi setiap individu manusia dalam mempertahankan dan mengembangkan dirinya, agar mampu berdaya saing dengan individu yang lain, baik dari segi aspek ekonomi, politik, sosial, pendidikan dan lain sebagainya. Namun yang lebih menarik dalam pembahasan ini ialah tentang pendidikan, tempat para pendidik dan peserta didik berproses untuk dapat mempersiapkan dirinya dikemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan dan arah yang baru kepada pendidik untuk dapat mengembangkan strategi pembelajarannya ke arah digital. Sehingga dalam penelitian ini penulis menggunakan metode literatur, dengan membaca dan meneliti penelitian yang sebelumnya pernah ada lalu mengembangkannya dan ini merupakan sebuah penelitian Reserch adn Development (R&D). Maka dari itu diperlukan sebuah inovasi-inovasi yang baru dalam dunia pendidikan, salah satuya dengan menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran, seperti aplikasi digital yang belakangan ini para pendidik dituntut untuk dapat merancang dan mengoprasikannya dalam pembelajaran. Hal ini merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang untuk para pendidik agar dapat meningkatkan kualitas kependidikannya serta sebuah solusi terbaru dalam proses pembelajaran sehingga mempermudah para peserta didik untuk dapat memahami  pembelajaran yang disampaikan didalam kelas. Sehingga Aplikasi Digital ini merupakan sebuah solusi dalam dunia pendidikan, karena pendidik dan peserta didik dapat mengakses dan menjalankan materi pembelajaran dimana saja dan kapan saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...