Jurnal Pacu Pendidikan Dasar
Vol 3 No 1 (2023): Juli 2023

Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kelas I Sekolah Dasar

Novi Sutia (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)
Riza Fatimah Zahrah (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)
Winarti Dwi Febriani (Universitas Perjuangan Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika materi mengurutkan bilangan kelas 1 SDN 2 Setiamulya. Sebagai alternatif penyelesaian masalah dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran open ended pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran open ended pada pelajaran matematika materi mengurutkan bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek peneltian siswa kelas 1 SDN 2 Setiamulya. Berdasarkan hasil penerapan model pembelajaran open ended pada proses pembelajaran diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas I SDN 2 Setiamulya. Hal ini dapat dilihat dari presentase siswa tuntas pemahaman konsep matematis siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata 70,17 mencapai ketuntasan 52,64% dan tergolong kategori rendah. Pada siklus II rata-rata 85,19 dengan kategori tingkat keberhasilan belajar tinggi dengan ketuntasan belajar mencapai 84,22%. Total peningkatan dari prasiklus ke siklus II sebanyak 63,16%. Model pembelajaran open ended direkomendasikan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika materi mengurutkan bilangan kelas I.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pacu

Publisher

Subject

Education

Description

The focus and scope of the manuscript covered in educational research related to but not limited to best practices in Elementary Education and Early Childhood Education. Topics include: 1. Learning Innovation for Elementary Education and Early Childhood Education. 2. Elementary Education and Early ...