Literasi sekolah dalam konteks Gerakan Literasi Nasional (GLS) merujuk pada kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara cerdas melalui berbagai kegiatan seperti membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Penelitian ini yaitu: (1) rancangan program literasi, (2) pelaksanaan program literasi, (3) upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan program literasi, (4) faktor pendukung, dan (5) faktor penghambat pelaksanaan program literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancangan program literasi di SD Pekanbaru telah disusun. (2) Pelaksanaan program dengan tiga tahapan program literasi sekolah, yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan program literasi didasarkan pada tujuan umum literasi di sekolah. (4) Faktor pendukung terdiri dari dukungan pemerintah dan sasaran program literasi. (5) Faktor terkait dengan tiga sasaran literasi, yaitu kelas, budaya sekolah, dan masyarakat.
Copyrights © 2023