Fasilitas belajar adalah merupakan sarana dan prasarana yang harus tersedia untuk melancarkan kegiatan pendidikan di sekolah juga di sebut sarana prasaran sekolah. Kinerja guru merupakan elemen penting dalam pendidikan, selain itu juga merupakan penentu tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel Fasilitas Belajar terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Pancasila Mojokerto Jawa Timur.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik Total Sampling (Secara keseluruhan). Dimana setiap anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel secara keseluruhan, namun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh 30 orang populasi yang ada di jadikan seluruhnya ada 30 orang sampel.Berdasarkan hasil analisa regresi bahwa ternyata variabel Fasilitas Belajar dapat meningkatkan Kinerja Guru diperoleh  nilai Y = 6,100 + 0,834 X., ada pengaruh positif terhadap Kinerja Guru diperlukan pembuktian dengan dilakukannya uji hipotesis variabel Fasilitas Belajar terhadap Kinerja Guru diperoleh nilai thitung sebesar = 7,751 nilai ttabel pada (28) sebesar = 1,701, maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti mempunyai bukti, bahwa Fasilitas Belajar terhadap Kinerja Guru terdapat pengaruh yang signifikan.  Sedangkan hasil analisa terdapat pengaruh positif antara variabel Fasilitas Belajar terhadap Kinerja Guru diperoleh nilai sebesar 0,826 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruhnya kuat atau nilai Koefisien determinasinya (KD) sebesar : 68,2%.  Jadi tingkat pengaruh antara variabel Fasilitas Belajar terhadap Kinerja Guru sebesar 68,2% dan sisanya sebesar 31,8% dipengaruhi faktor lainnya yang tidak diamati oleh penulis secara keseluruhan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023