Jurnal Ilmiah Matrik
Vol 23 No 3 (2021): Jurnal Ilmiah Matrik

PENGEMBANGAN APLIKASI MONITORING KELUHAN PELANGGAN MYREPUBLIC PALEMBANG

Nyimas Sopiah (Universitas Bina Darma)
Bayu Sutopo (Universitas Bina Darma)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2022

Abstract

Keluhan pelanggan merupakan salah satu indikator, gejala, dan tanda adanya ketidakpuasan atas produk atau layanan perusahaan. Hal ini mengakibatkan banyak pelanggan yang merasa kurang puas karena proses tanggapan dan penanganan keluhan memakan waktu yang cukup lama. Proses yang lama ini disebabkan oleh karena kantor cabang Myrepublic Kota Palembang belum memiliki sistem layanan keluhan pelanggan secara tersendiri, sehingga untuk menangani semua laporan keluhan masih di limpahkan ke Kantor Pusat Jakarta. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut, dengan membangun sebuah aplikasi monitoring yang dapat mengelola penanganan keluhan pelanggan Myrepublic Kota Palembang. Sehingga pelanggan dapat mengajukan laporan keluhan secara langsung tanpa harus melalui kantor pusat Myrepublic Jakarta. Dengan demikian akan memudahkan dan mempercepat waktu proses penanganan keluhan. Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan monitoring atau pengawasan untuk kasus perbaikan yang memakan waktu yang lebih dari satu hari. Dengan demikian pelanggan akan merasa nyaman dan betah untuk tetap menggunakan layanan Myrepublic. Sistem yang dibangun dengan menggunakan metode Web Engineering dan bahasa pemrograman PHP, serta menggunakan MySQL sebagai bahasa pemrograman database.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalmatrik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2022 KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI, RISET, DAN TEKNOLOGI KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 225/E/KPT/2022 TENTANG PERINGKAT AKREDITASI JURNAL ILMIAH PERIODE III TAHUN 2022. Jurnal ...