Abstract. The purpose of this study is to determine the increase in achievement of students who take courses in Earth and Space with the use of multimedia instructional media and guided discussion. The method used is the CAR method, which consists of 4 stages from planning, action, evaluation and reflection. Subjects were all students who took this course. The results showed that (1) The average value increased from 67.7 in the academic year 2009/2010 be 81.2 in 2019/2011. The number of students of students who scored above 70 in this academic year  reached 94.3%, whereas in the previous year just only 69.8%. Thus multimedia instructional media and guided discussions can improve student achievement. Keywords : space  and earth course, achievement, CAR Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bumi dan Ruang Angkasa dengan menggunakan media pembelajaran multimedia dan disakusi terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode PTK yaitu terdiri dari 4 tahapan mulai dari perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa semester IV kelas C yang mengambil mata kuliah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai rata-rata meningkat dari 67,7 pada tahun akademik 2009/2010 menjadi 81,2 pada 2019/2011. Jumlah mahasiswa didik yang mendapat nilai diatas 70 pada tahun akademik 2009/2010 mencapai 94,3%, sedangkan pada tahun sebelumnya baru mencapai 69,8%. Dengan demikian media pembelajaran multimedia dan diskusi terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Kata kunci : bumi dan ruang angkasa, prestasi belajar, PTK
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015