Latar Belakang. Penyakit diare merupakan gangguan Buang Air Besar (BAB) ditandai dengan BAB lebih dari 3 kali sehari dengan konsistensi tinja cair, dapat disertai dengan darah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah diare yaitu dengan memberikan Pendidikan Kesehatan.Tujuan Penelitian. Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan dengan menggunakan media audio visual terhadap keterampilan pencegahan diare pada siswa SD. Metode Penelitian. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dan desain penelitian quasi eksperimen dengan metode pretest-posttest without control one group design. Besar sampel penelitian ini sebanyak 51 responden dihitung mengunakan metode purposive sampling. Hasil Penelitian. Hasil uji Wilcoxon, dengan nilai p 0,000 (p Kurang dari 0,05) sehingga terdapat pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan dengan menggunakan media audio visual terhadap keterampilan pencegahan diare pada siswa SD. Kesimpulan. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan dengan menggunakan media audio visual terhadap keterampilan pencegahan diare pada siswa SD. Saran. Agar dapat mengaplikasikan praktik cuci tangan dengan meningkatkan keterampilan pencegahan diare.
Copyrights © 2021