Kinerja guru merupakan hasil kerja yang telah dicapai dalam proses pembelajaran ketika seorang guru selesai melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil belajar siswa di kelas. Keberhasilan pendidikan disekolah sangat ditentukan oleh kinerja gurunya, disamping itu guru juga harus memiliki kinerja yang baik dan dituntut memiliki komitmen serta konsep diri yang baik dalam membimbing dan melatih siswa di kelas. Kinerja seorang guru yang berkualitas akan berpengaruh terhadap mutu pembelajaran, mutu lulusan, mutu pendidikan dan pencapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan proses belajar mengajar serta evaluasi proses dan hasil belajar di kelas. Kinerja Guru dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian ini seluruh guru yang mengajaar di SDS RK Xaverius Namorambe.Adapun teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawacara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru di SDS RK Xaverius Namorambe dalam aspek perencanaan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 84,26%, dalam aspek pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 88,52%, dan dalam aspek evaluasi pembelajaran dengan kategori tinggi dengan persentase 85,83%. Sehingga disimpulkan bahwa kinerja guru di SDS RK Xaverius Namorambe masuk dalam kategori tinggi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023