AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 07 (2022): AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dan Sarana Promosi Berbasis Daring Bagi Guru-Guru Paud Di Wilayah Kabupaten Pemalang

Agus Riyanto (FKIP, PBSI, UPS,Tegal,)
Burhan E.Purwanto (2FKIP, PBSI, UPS,Tegal,)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2022

Abstract

Dampak dari adanya Coronavirus Disease (Covid-19) ini terjadi pada semua kalangan baik dari jenjang prasekolah hingga perguruan tinggi mengalami beberapa perubahan kebijakan seperti halnya yang dikatakan menteri pendidikan dan kebudayan RI dalam Surat Edaran No.3 dan Surat Edaran No.4 tahun 2020. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan selama pandemi memberikan imbauan agar guru-guru PAUD untuk tidak memberikan tugas yang macam-macam kepada muridnya. Dengan hal tersebut maka guru hanya memberikan tugas dan materi pembelajaran yang sifatnya pembiasaan. Materi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pembelajaran di sekolah pada umumnya. Tugas-tugas pembiasaan tersebut diberikan setiap hari melalui WA grup dalam teks intruksi, audio instruksi dan video contoh. Selanjutnya orang tua akan mendampingi serta mendokumentasikan kegiatan yang dilakukan anak kemudian foto atau video yang dibuat dikirimkan ke guru sebagai bahan pemantauan dan penilaian. Namun dalam pelaksanaannya, pembelajaran di rumah dengan metode pembiasaan tidak semudah yang dibayangkan guru. Anak kurang semangat dan tidak fokus dengan pembelajaran ditambah lagi kemampuan orang tua yang kurang dalam mendampingi anak dalam metode pembelajaran yang dilakukan. Oleh karena itulah pendampingan kepada guru PAUD diperlukan sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pembelajaran bagi peserta didiknya. Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Menurut UU RI No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 20. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Dalam suatu proses pembelajaran, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pembelajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

amma

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Nursing

Description

- Ilmu Komputer - Kemasyarakatan - Manajemen - Ekonomi - Manajemen - Agama - Ilmu Hukum - Pendidikan - Pertanian - Sastra - Teknik - Dan Bidang Ilmu ...