Nusantara Journal of Computers and its Applications
Vol 7, No 1 (2022): Juni 2022

PENERAPAN METODE MDLC PADA RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BIOLOGI TINGKAT SLTP MATERI RANGKA DAN OTOT MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Muhammad Imron Rosadi (Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Yudharta Pasuruan)
Irham Maulidi (Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Yudharta Pasuruan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

SLTP (Sekolah Lanjut Tingkat Pertama) ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. Secara general, motologi pembelajaran di SLTP (atau Sederajat) adalah diskusi, ceramah, menghapal serta tugas, akibatnya siswa menjadi jenuh dan kurang tertarik. Belum tersedianya aplikasi pembelajaran interaktif serta kurangnya media pembelajaran yang memudahkan dalam mempelajari materi rangka dan otot juga dalam pembelajaran biologi menimbulkan masalah tersendiri antara guru dan murid. Demi meningkatkan minat belajar siswa, penelitian ini mengusulkan membangun media pembelajaran yang dapat menyajikan interaksi yang menarik bagi pengguna karena pengguna dapat merasakan objek virtual secara nyata. Aplikasi ini dibangun dengan software Unity 3D, metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk metode pengembangan software, dan metode penelitian R & D (Research and Development). Berdasarkan hasil uji coba pre-test, siswa memperoleh nilai rata-rata rendah, yaitu 31,1. Namun seletah di lakukan post-test terjadi peningkatan yang sangat baik, yaitu memperoleh nilai rata-rata 68,5.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

njca

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) is a peer-reviewed bi-annual journal concerning on computer science and its applications. The article shall address any research on theoretical and empirical on computer science and its applications. The Topics addressed within the journal ...