Nusantara Journal of Computers and its Applications
Vol 7, No 1 (2022): Juni 2022

SEGMENTASI PELANGGAN AGEN BEAUTY LOCAL BRAND MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MODES BERBASIS PYTHON

Mochammad Ainul Yaqin (Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum)
Nisa Ayunda (Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum)
Sujarwo Sujarwo (Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum)
M. Ali Murtadho (Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Pertumbuhan beauty local brand di Indonesia kini mengalami pertumbuhan yang pesat. Salah satu brand local kecantikan yang telah berkembang, yaitu brand MS Glow, menyusun strategi pemasaran dengan sistem stokist. Sistem stokist dijalankan dengan memperbanyak distributor, agen, reseller, serta memaksimalkan promosi melalui iklan. Ketidaktepatan stok produk dan penurunan interaksi konten di media sosial merupakan permasalahan inti yang dihadapi oleh distributor, agen, dan juga reseller brand kecantikan local. Permasalahan tersebut dapat diatasi apabila manajemen mampu mengidentifikasi karakteristik pelanggannya. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan segmentasi pelanggan salah satu agen brand kecantikan lokal, yaitu Agen Ami Ms Glow Peterongan, dengan Algoritma K-Modes. Algoritma ini dapat digunakan untuk menangani data beratribut kategorik. Hal ini sesuai dengan data pelanggan yang memiliki tipe atribut kategorik. Hasil dari penelitian ini yaitu pelanggan agen tersebut terbagi menjadi 3 segmen pelanggan yang didominasi oleh segmen pertama, dengan karakteristik pelanggan: berusia 26 – 35 tahun; tidak memakai KB dan tidak sedang hamil; berjenis kulit berminyak; tidak berjerawat di luar menstruasi; tidak sedang berjerawat; memiliki bekas jerawat dan komedo; tidak berflek hitam; serta tidak mengalami kulit yang terkadang merah dan gatal, berjumlah 193 pelanggan, segmen kedua berjumlah 76 pelanggan, dan segmen ketiga berjumlah 98 pelanggan. Penentuan jumlah stok dan target konten untuk pemasaran dapat menyesuaikan hasil segmentasi pelanggan tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

njca

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) is a peer-reviewed bi-annual journal concerning on computer science and its applications. The article shall address any research on theoretical and empirical on computer science and its applications. The Topics addressed within the journal ...