GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis
Vol 3 No 01 (2023): BISNIS DAN EKONOMI

ANALISIS PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN: (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Realme di Kota Surabaya)

Aditya Rizki Juliyanto (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Brand Ambassador, Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Realme di Kota Surabaya). Teknik pengambilan samplingnya menggunakan teknik sampling aksidental. Sampling aksidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 100 sampel. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda, Analisis ini meliputi: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Hipotesis melalui Uji F dan Uji T, serta analisis Koefisien Determinasi (R2 ). Hasil analisis menggunakan uji f dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu Brand Ambassador (X1), Brand Image (X2), dan Kualitas Produk (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian (Y). Kemudian hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu Brand Ambassador (X1), Brand Image (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) Sedangkan Kualitas Produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian (Y). Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi ( R Square) diketahui bahwa variabel Brand Ambassador (X1),Brand Image (X2),Kualitas Produk (X3) bepengaruh terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 27,9 % terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). sedangkan sisanya 72,1 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gemahripah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis e-ISSN 3021-8241 diterbitkan oleh Departemen Aksiologi, KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN, yang berkantor di Jl. Nginden Intan Timur XV No. 11 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Phone: WA: +62 813-5938-4011, Email: jurnalgemahripah@gmail.com. Sebagai media ...