Jurnal Manajemen, Hukum dan Sosial
Vol. 1 No. 2 (2023)

Komunikasi Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan

Retno Widya Ningrum (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Pelayanan Publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi pada aparatur Negara sebagai abdi masyarat, pelayanan publik dimaksud untuk mesejahterakan masyarakat atau warga negara. Pelayanan publik yang profesional, itu artinya pelayanan publik yang bercirikan oleh adanya akuntabilitas dan responsibilitas dari pemberi pelayanan (aparatur pemerintah). Salah satu aspek yang penting dalam pelaksanaan pelayanan publik adalah kemampuan seorang petugas layanan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Pelayanan Publik Dalam Pengurusan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pengolahan data kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk membedah suatu fenomenal dilapangan dan menjabarkan temuan dilapangan. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Dari hasil kajian atau analisis data hasil wawancara tentang aspek-aspek tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa Berdasarkan hasil data penelitian yang telah ditemukan dilapangan, dapat disimpulkan bahwa Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan sejauh ini pelayanan dalam pembuatan paspor sudah berjalan dengan baik. Walaupun sudah berjalan dengan baik tetapi adanya tanggapan masyarakat yang tidak peduli terhadap informasi yang diberikan oleh pihak kantor Imigrasi Kelas-I Khusus Medan terkait dengan persyaratan berkas yang harus dipenuhi masyarakat dalam pembuatan paspor. Kata Kunci: Komunikasi, Pelayanan Publik, Paspor.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmhs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Manajemen, Hukum dan Sosial [JMHS] adalah urnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Jurnal Manajemen, Hukum dan Sosial ini memuat publikasi penelitian di bidang manajemen, ekonomi, akuntansi, hukum, ilmu komunikasi dan sosial. Tujuan dari dibentukannya ...