Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan

Investigasi Peran Expected Satisfaction, Social Intention, dan Brand Image: Akankah Mempengaruhi Word-of-Mouth Pelanggan Restoran Jepang

Martha Maharany (Unknown)
Muhammad Albi (Unknown)
Muhammad Raihan Al Abror (Unknown)
Shofiyah Nurul Idzni (Unknown)
Usep Suhud (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi word-of-mouth intention pelanggan restoran Jepang. Ada empat variabel yang digunakan untuk mengukur, yaitu expected satisfaction of self-needs, expected satisfaction of social-needs, brand image, dan social intention. Pengumpulan data dilakukan di Jakarta selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di bulan April-Mei 2020. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner daring dan responden dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Total responden dalam penelitian ini adalah 267 yang terdiri dari 63 orang laki-laki dan 204 orang perempuan yang pernah mengunjungi restoran Jepang. Data diolah dengan menggunakan exploratory factor analysis dan structural equation model. Hasilnya, expected satisfaction of self-needs berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap expected satisfaction of social-needs, expected satisfaction of social-needs berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap social intention, expected satisfaction of social-needs dan brand image tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap word-of-mouth intention, dan social intention berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap word-of-mouth intention.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbmk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

an open-access journal that provides a forum for publishing empirical research, literature review, or conceptual paper related to business, management, and finance. It focused on the development of theory in management science by applying new methods, techniques, and ...