Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 1 (2023): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POLA BILANGAN KELAS VIII MTs

Mustakim, Siti Fatimatus Zahro (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan pada siswa kelas VIII MTs di Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal cerita pola bilangan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas VIII B dan ambil 6 orang siswa untuk diwawancarai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Subjek yang memiliki pamahaman matematis yang tinggi masih mengalami 2 kesulitan yaitu 1) kesulitan dalam kelemahan berhitung, 2) kesulitan dalam persepsi visual. Subjek yang memiliki pemahaman matematis yang sedang mengalami 3 kesulitan yaitu 1) kelemahan berhitung, 2) pemahaman matematika yang kurang, 3) kesulitan dalam persepsi visual. Subjek yang memiliki pemahaman matematis yang rendah mengalami 4 kesulitan yaitu 1). Kulitan dalam kelemahan berhitung, 2) kelemahan dalam mentransfer pengetahuan, 3) pemahaman matematiak yang kurang, , 4) kesulitan dalam persepsi visual. Kata kunci : kesulitan siswa, soal cerita dan pola bilangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matrix

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Matrix mewadahi tulisan hasil kajian dan penelitian dalam bidang ilmu Matematika dan Pendidikan Matematika dengan berbagai frame penelitian seperti Penelitian pengembangan/R&D Penelitian Tindakan Kelas Educational Design Research Eksperimen dengan berbagai Jenisnya Studi Kualitatif ...