Journal of Knowledge Management
Vol 14, No 2 (2020): Journal Of Knowledge Management

Impression Management Pengguna Media Sosial Instagram

Mustofa Abror (Universitas Garut)
Rohimat Nurhasan (Universitas Garut)
Intan Tenisia Prawita Sari (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Impression Management Pengguna Media Sosial Instagram, dan objek dari penelitian ini merupakan seseorang yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dalam akun Instagramnya @wishnutama. Metode analisis isi kualitatif deskriptif dipakai ataupun digunakan untuk menganalisis 44 unggahan foto pada akun instagram Wishnutama Kusubandio, dimana merupakan unggahan dua bulan masa awal pengangkatan Wishnutama Kusubandio sebagai seorang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dimana hal ini merupakan masa yang paling tepat untuk menunjukan ataupun melakukan Impression management yang dilakukannya. Dalam penelitian ini menemukan dari kelima taktik Impression Management yang dilakukan Wishnutama Kusubandio di akun media sosial instagramnya hanya menggunakan tiga taktik Impression Management yaitu Ingratiation, Self Promotion, dan Exemplification. Sedangkan taktik yang sering atau banyak dipakai adalah Ingratiation dan Self Promotion, yang mana kedua taktik tersebut akan membuat dirinya terlihat sebagai seseorang yang baik hati, menarik dan kompeten.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JKM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Knowledge Management is a scientific media aimed at helping accelerate the dissemination of scientific information regarding the development of science and research in the management field. Journal of Knowledge Management presents scientific articles, which are built based on research and ...