Episteme: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman
Vol 8, No 2 (2013)

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ABUDDIN NATA

Mabrur, M. Ali Hamdan ( Pascasarjana IAIN Tulungagung)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2016

Abstract

Pendidikan Islam dapat dipahami sebagai proses yang dilakukan oleh manusia membimbing proses pertumbuhan jasmani dan rohani. Hal tersebut dilaksanakan dengan membimbing keseimbangan pertumbuhan pribadi manusia tersebut melalui latihan-latihan kejiwaan, akal, pikiran, kecerdasan serta panca indra. Hal tersebut dilaksanakan untuk mengubah tingkah laku individu dalam kehidupannya bermasyarakat. Perubahan dan proses pendidikan tersebut berdasarkan nilai-nilai dan ukuran-ukuran dalam ajaran Islam. Menurut Abuddin Nata, pendidikan dalam konteks Islam dan dalam bahasa al-Qur’an, mempunyai beberapa istilah, yaitu al-Ta’lim, al-Tarbiyah, al-Ta’dib, al-Tazkiyah, al-Tadris, al-Tafaqquh, al-Ta’aqqul, al-Tadabbur, al-Tazkirah, dan al-Mauizah. Islamic education can be understood as a process done by human being to guide the physical and spiritual development. It can be done by balancing those development through exercising the spirit, rational, thinking, intelligence, and five senses. Those effort is conducted to change the individual’s behavior in living in the society. The changing and the process are based on the Islamic values and norms. According to Abuddin Nata, Islamic education in The Holy Qur’an is called and defined into some terms:al-Ta’lim, al-Tarbiyah, al-Ta’dib, al-Tazkiyah, al-Tadris, al-Tafaqquh, al-Ta’aqqul, al-Tadabbur, al-Tazkirah, dan al-Mauizah.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

Episteme

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities

Description

Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman merupakan jurnal akademik multidisipliner yang diterbitkan oleh Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Epistemé terbit dua nomor setiap tahunnya, pada bulan Juni dan Desember. Artikel yang diterbitkan meliputi kajian Islam yang ditinjau ...