Rumah Sakit Umum Anutapura Palu merupakan rumah sakit tipe B, milik Pemerintah Kota Palu dan merupakan rumah sakit rujukan untuk wilayah Palu dan sekitarnya. Rumah sakit umum mempunyai misi memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSU Anutapura Palu. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi sebanyak 409 orang, jumlah sampel 202 responden dengan metode Accidental Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit Anutapura Palu adalah baik, yaitu dimensi kehandalan pelayanan sebesar 80,2%, daya tanggap pelayanan sebesar 74,3%, jaminan pelayanan sebesar 77,2%, perhatian pelayanan sebesar 72,8% dan penampilan pelayanan sebesar 72,8%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tanggapan pasien tentang kualitas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSU Anutapura Palu dalam ketegori baik. Diharapkan kepada pihak rumah sakit, khususnya di ruang rawat inap, agar petugas kesehatan dapat meningkatkan kinerja dalam melayani pasien. Selain itu, pihak rumah sakit agar lebih memperhatikan fasilitas yang ada di ruangan, seperti kebersihan kamar mandi, fasilititas AC atau kipas angin, serta kenyamanan di ruangan serta kebersihan di ruangan agar lebih ditingkatkan lagi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021