Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi khalayak media online di Sulawesi Tenggara ditinjau dari aspek sosiodemografis, psikologis, dan aspek karateristik perilaku khalayak. Jumlah sampel dalam penelitian adalah sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan menggunakan cluster sampling. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan studi pustaka. Analisis data penelitian ini adalah statistik deskriptif yaitu berupaya menggambarkan peristiwa, perilaku suatu hal tertentu lainnya yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Berdasarkan hasil penelitian segmentasi khalayak media online di Sulawesi Tenggara didominasi perempuan yang berusia produktif antara 20 sampai 24 tahun. Mayoritas penggunanya untuk mencari informasi dengan tujuan menambah referensi pengetahuan pada berbagai bidang seperti politik, hukum, sosial dan budaya. Khalayak juga setelah membaca berita pada media siber memberikan respon terhadap berita dengan tombol suka (like) dan komentar (comment). .
Copyrights © 2023