Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI

PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL MELALUI E-COMMERCE PADA PELAKU USAHA MIKRO BATIK HASAN

Mediana, Shalimar (Unknown)
Pamungkas, Indra Novianto Adibayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Digitalisasi merambah ke semua sektor bisnis termasuk pemasaran. Oleh karena itu, para pelaku bisnis harus dapat memanfaatkan perubahan kebutuhan masyarakat agar dapat bersinergi dengan digitalisasi. Selain itu, digitalisasi juga mempengaruhi kegiatan konsumsi masyarakat yang kemudian mendorong bisnis seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut serta mengandalkan teknologi digital, terutama usaha mikro. Pelaku usaha mikro Batik Hasan merupakan salah satu UMKM mitra Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bandung yang mulai menggunakan pemasaran digital di e-commerce. Pemasaran menggunakan e-commerce terutama bagi produk fesyen merupakan hal yang cukup potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pesan komunikasi dan bagaimana penyampaian Batik Hasan dalam melaksanakan pemasaran digital di e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma interpretif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Batik Hasan menyampaikan pesan komunikasi pemasaran digital di e-commerce dengan mempublikasikan informasi mengenai deskripsi produk dan konten edukasi. Selain itu, Batik Hasan juga menggunakan fitur untuk melakukan promotion campaign. Walaupun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya dalam melakukan penetapan STP dan pemilihan promotion campaign dengan tepat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...