Pembingkaian (framing) berita yang dilakukan oleh Kompas.com terkait kemegahan dan kemewahan yang dimiliki oleh Masjid Raya Al-Jabbar dengan menggunakan narasi glorifikasi nominalisasi pada judul berita memberikan kesan yang sangat penting dalam proses konstruksi dan juga internalisasi nilai realitas sosial pada masyarakat. Kompas.com sebagai salah satu media online paling berpengaruh dan terpercaya hal ini dapat terlihat pada tahap sebaran konstruksi, ketika Kompas.com membingkai berita kemegahan dan kemewahan melalui nominalisasi angka sehingga gambaran yang diterima oleh masyarakat adalah sesuatu yang sangat diluar jangkauan mereka sebagai masyarakat biasa, nilai kemegahan dan kemewahan yang dibingkai (framing) oleh Kompas.com dianggap sebagai nilai utama yang perlu masyarakat internalisasikan dalam kognisi mereka. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing dengan pendekatan kualitatif deskripsi dan analisis wacana sebagai penguat konteks komunikasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa nilai konstruksi realitas sosial media terkait kemegahan dan kemewahan Masjid Raya Al-Jabbar disetujui dan diyakini sebagai nilai yang benar-benar ada dan nyata, hal ini bisa dibuktikan dengan adanya antusiasme masal masyarakat yang menginternalisasi nilai yang saman sehingga menciptakan gerakan spectator crowds (kerumunan yang ingin melihat sesuatu) dengan identitas kelompok yang berbeda sesuai dengan daerah dan juga penamaan kelompoknya masing-masing.
Copyrights © 2022