Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning Berbantu Media Canva Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N Pandeanlamper 01 Semarang

Jiehan Noeril Isvyna Soeharyono (Universitas PGRI Semarang)
Henry Januar S (Universitas PGRI Semarang)
Ariestika Damayani (Universitas PGRI Semarang)
Paryati Paryati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Hasil belajar peserta didik akibat keaktifan belajar peserta didik yang rendah. Pembelajaran belum menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif, pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah menjelaskan materi kemudian pembahasan soal-soal pada buku. Media pembelajaran yang kurang menarik mengakibatkan peserta didik cepat merasa bosan. Dari 27 peserta didik di Kelas VI B, 66% peserta didik tidak tuntas dalam penilaian kognitif, dengan KKM yang telah ditetapkan yakni 75. Hal tersebut disebabkan oleh peserta didik merasa bosan selama proses pembelajaran pasca adanya pandemi Covid-19. Tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning berbantu media canva untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik Kelas VI B SDN PandeanLamper 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tujuan untuk melihat akibat dari suatu perlakuan. Pada penelitian eksperimen ini peneliti melakukan perlakuan dengan melakukan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantu media canva. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media canva berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VI SD N PandeanLamper 01 Semarang. Hal tersebut dibuktikan hasil signifikan antara kondisi awal dengan akhir hasil belajar siswa menggunakan ttes. Kategori hasil belajar siswa meliputi aspek kognitif dengan predikat sangat baik, aspek afektif dengan predikat sangat baik, aspek psikomotorik dengan sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mencapai lebih dari 85% yaitu dengan hasil 88%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...