Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penggunaan Media Kartu Gambar (Flash Card) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SD Negeri Panggreh 1 Jabon, Sidoarjo

Rika Dwi Ambarwati (Universitas Negeri Surabaya)
Farida Istianah (Universitas Negeri Surabaya)
Nur Shiyam (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan sebab rendahnya keterampilan membaca permulaan peserta didik di kelas I SD Negeri Panggreh 1 Jabon, Sidoarjo. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang menoton hanya dengan buku ajar serta papan tulis saja. Dari 20 peserta didik, hanya 9 anak atau sekitar 45% yang tuntas, sedangkan sisanya sebanyak 11 anak atau sekitar 56% masih belum tuntas. Untuk meningkatkan keterampilan membaca mereka, peneliti menindak lanjuti dengan pengugunaan media kartu gambar (flashcard). Penelitian ini ditujukan untuk: 1) mengetahui keterampilan membaca peserta didik dengan penggunaan media kartu gambar (flashcard). 2) mengetahui penggunaan media kartu gambar (flashcard) pada peserta didik kelas I. 3) mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan peserta didik setelah menggunakan media kartu gambar (flashcard). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Pengumpulan data menggunaka lembar observasi aktivitas guru serta pesreta didik dan juga tes hasil keterampilan membaca permulaan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa: 1) sebelum menggunakan kartu gambar (flashcard) keterampilan membaca permulaan peserta didik masih rendah yang prosentasenya hanya 45%. 2) Melalui siklus 1, sebanyak 13 peserta didik berhasil tuntas belajar (mencapi KKM) dan 7 peserta didik yang belum tuntas, dengan prosentase ketuntasan sebesar 65%, yang artinya masih kurang dari standart yang telah ditentukan peneliti yaitu, sebasar 80%. Maka akan dilanjutkan ke siklus 2. Pada siklus 2 diperoleh data sejumlah 17 peserta didik berhasil mencapai ketuntasan, sementara 3 peserta didik lainnya belum tuntas. Kemudian  prosentase ketuntasan belajar sebesar 85%, yang artinya sudah memenuhi dari standart yang telah ditentukan peneliti. Berdasarkan hasil data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, kartu gambar (flashcard) dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas I.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...