Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik di SMPN 8 Medan dan menganalisis karakter umum peserta didik di sekolah tersebut. Penelitian ini juga ingin mengetahui apakah ada perbedaan karakter peserta didik berdasarkan tingkatan kelas. Penelitian ini dilakukan karena pentingnya pendidikan dalam membentuk karakter peserta didik dan peran lingkungan sekitar dalam proses tersebut. Penelitian ini melibatkan observasi peserta didik di SMPN 8 Medan, berfokus pada bagaimana berbicara dengan guru, membantu, dan kemampuan beradaptasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat sekunder dan diperoleh dari sumber yang tersedia di sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor lingkungan yang mempengaruhi pembentukan karakter siswa di SMPN 8 Medan. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan kepada para pendidik mengenai karakter umum peserta didik di sekolah, memberikan pedoman bagi guru dan tenaga kependidikan dalam menerapkan pendekatan yang tepat, dan memberikan dasar untuk penelitian lebih lanjut tentang pengembangan karakter peserta didik di SMPN 8 Medan. . Namun, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan. Pertama, penelitian ini hanya terfokus pada karakter umum peserta didik di SMPN 8 Medan dan tidak mencakup aspek-aspek tertentu dari karakter peserta didik, seperti nilai-nilai moral atau kepemimpinan. Kedua, penelitian ini didasarkan pada observasi peserta didik di sekolah tersebut. Ketiga, data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat sekunder. Tindak lanjut penelitian yang lebih komprehensif akan menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang karakter peserta didik di SMPN 8 Medan dan memungkinkan pendidik untuk mengembangkan pendekatan yang lebih tepat dalam membentuk karakter peserta didik.
Copyrights © 2023