Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Penggunaan Media Webtoon Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMAN Teluk jambe Barat Karawang Tahun Ajaran 2022/2023)

Karlinah Karlinah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Een Nurhasanah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Wienike Dinar Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Menulis memerlukan suatu proses berpikir yang cukup maju untuk mengungkapkan isi pikiran dalam bentuk tulisan. Proses penulisan menciptakan banyak bentuk tulisan yang berbeda dan unik untuk setiap penulis. Sudjiman dalam Siswanto (2008: 163) Drama adalah karya sastra yang bertujuan untuk mengungkapkan konflik dan emosi kehidupan melalui tokoh dan dialog. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media webtoon berdampak pada penulisan drama siswa kelas XI SMAN 1 Telukjambe Barat Karawang. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode kuasi eksperimen, dan desain penelitian menggunakan desain grup kontrol yang tidak sebanding. Siswa menjalani tes awal, (pretest), dan tes akhir, atau (posttest). Dalam penelitian ini, 30 siswa dari kelas XI IPA 2 SMAN 1 Telukjambe Barat terlibat sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa dari kelas XI IPA 1 terlibat sebagai kelas kontrol. Hasil ujian, laporan, dan catatan siswa adalah alat penelitian. Metode pencarian yang digunakan adalah (1) Pretest, (2) Perlakuan treatment, (3) Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes awal (pretest) kelas eksperimen adalah 60,37, dan nilai rata-rata tes akhir (posttest) kelas kontrol adalah 37,43, dan nilai rata-rata tes akhir (posttest) kelas kontrol adalah 52,07. Nilai uji homogenitas pretest dan posttest untuk kedua kelas sama atau homogen. Selain itu, hasil uji hipotesis (T-test) menunjukkan bahwa 0,000 kurang dari 0,05, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai n-gain kelas eksperimen memenuhi standar sedang, sedangkan nilai n-gain kelas kontrol memenuhi standar rendah. Hasilnya adalah bahwa aplikasi webtoon dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XI untuk menulis teks drama, dan bagaimana aplikasi webtoon berdampak pada kemampuan mereka untuk menulis teks drama pada siswa kelas XI SMAN 1 Telukjambe Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...