Menulis memerlukan suatu proses berpikir yang cukup maju untuk mengungkapkan isi pikiran dalam bentuk tulisan. Proses penulisan menciptakan banyak bentuk tulisan yang berbeda dan unik untuk setiap penulis. Sudjiman dalam Siswanto (2008: 163) Drama adalah karya sastra yang bertujuan untuk mengungkapkan konflik dan emosi kehidupan melalui tokoh dan dialog. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media webtoon berdampak pada penulisan drama siswa kelas XI SMAN 1 Telukjambe Barat Karawang. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan metode kuasi eksperimen, dan desain penelitian menggunakan desain grup kontrol yang tidak sebanding. Siswa menjalani tes awal, (pretest), dan tes akhir, atau (posttest). Dalam penelitian ini, 30 siswa dari kelas XI IPA 2 SMAN 1 Telukjambe Barat terlibat sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa dari kelas XI IPA 1 terlibat sebagai kelas kontrol. Hasil ujian, laporan, dan catatan siswa adalah alat penelitian. Metode pencarian yang digunakan adalah (1) Pretest, (2) Perlakuan treatment, (3) Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes awal (pretest) kelas eksperimen adalah 60,37, dan nilai rata-rata tes akhir (posttest) kelas kontrol adalah 37,43, dan nilai rata-rata tes akhir (posttest) kelas kontrol adalah 52,07. Nilai uji homogenitas pretest dan posttest untuk kedua kelas sama atau homogen. Selain itu, hasil uji hipotesis (T-test) menunjukkan bahwa 0,000 kurang dari 0,05, yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai n-gain kelas eksperimen memenuhi standar sedang, sedangkan nilai n-gain kelas kontrol memenuhi standar rendah. Hasilnya adalah bahwa aplikasi webtoon dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas XI untuk menulis teks drama, dan bagaimana aplikasi webtoon berdampak pada kemampuan mereka untuk menulis teks drama pada siswa kelas XI SMAN 1 Telukjambe Barat.
Copyrights © 2023