Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Kelas 2 SDN Plamongansari 02

Cindy Fatikasari (Universitas PGRI Semarang)
Fenny Roshayanti (Universitas PGRI Semarang)
Harto Nuroso (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui media pembelajaran permainan ular tangga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Plamongansari 02 yang berjumlah 28 orang pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa yaitu instrumen tes. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu data-data yang berupa angka-angka dan dapat dinyatakan dalam satuan hitung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Plamongansari 02, setelah diterapkan metode bermain menggunakan media ular tangga. Dilihat dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap nilai post-test siswa yakni Uji T Paired Samples T Test, t hitung -9,625 t tabel -1,703 dan nilai signifikansi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...