Penelitian ini berjudul “metode bermaian dalam pembelajaran shooting bola basket ” tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menerapkan metode bermain pada pembelajaran Shooting bola basket .Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 4 Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat yang berjumlah 36 siswa, yaitu putri 20 orang dan putra 16 orang. Hasil peningkatan pembelajaran Shooting bola basket diperoleh dengan cara membandingkan nilai observasi dengan awal tes sebelum tindakan yang dikenal dengan “pra siklus”. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan, terdapat peningkatan nilai siswa ada setiap siklusnya pada pra siklus ketuntasan siswa hanya mencapai 10 siswa atau 27,7% kemudian sedikit peningkatan pada siklus pertama yaitu menjadi 18 siswa yang tuntas atau 50% kemudian melihat hasil dari siklus 1 ternyata masih belum mencapai target yang ditentukan sehingga peneliti melanjutkan ke siklus ke 2 adapun pada siklus kedua ini terjadi peningkatan yang signifikan yaitu jumlah siswa yang tuntas mencapai 30 siswa atau 83,3%. Melihat data tersebut target ketuntasan klasikal 75 % telah tercapai sehingga dapat disimpulkan melalui metode bermain dapat meningkatkan hasil pembelajaran Shooting bola basket pada siswa kelas VIII Shooting bola basket.
Copyrights © 2023