Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 4 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Desaining E-Module Praktik Microteaching Berbasis Life Based Learning Untuk Melatih Kompetensi Pedagogik Calon Guru Dalam Mendukung Program MBKM

Rauldatul Husni (Universitas Dharmas Indonesia)
Muhammad Ikhwan (Universitas Dharmas Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini didasari kurangnya pemahaman mahasiswa UNDHARI khususnya FKIP (Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan) dalam pembelajaran Microteaching, yang merupakan matakuliah wajib yang harus diambil sebelum PLP (Praktek lapangan), banyak ditemukan permasalahan yang dihadapi mahasiswa dikelas Microteaching yaitu: 1) kesulitan memilih media pembelajaran yang tepat. 2) kesulitan memberikan instruksi kepada siswa. 3) kurang memahami tahapan observing dan questioning. 4) kesulitan menyatukan ide-ide dari siswa. 5) keterbatasan waktu. 6) kurangnya kemampuan pada experimenting. 7) kesulitan membuat murid aktif bertanya. 8) kesulitan menghadapi murid yang tidak aktif dalam pembelajaran. 9) kesulitan membentuk kelompok. 10) kurangnya kemampuan menghadapi siswa yang tidak berpartisipasi. 11) sulit menghadapi siswa yang memiliki keterbatasan kosa kata. Dari permasalahan tersebut perlu adanya pembaharuan yang berkaitan dengan matakuliah pengajaran mikro/keterampilan dasar mengajar yaitu dengan mengembangkan keterampilan-keterampilan yang dapat menunjangkan peran guru/calon guru dalam memfasilitasi siswa menemukan dan membangun konsep sendiri, menemukan dan memecahkan masalah dalam pembelajaran. Dan saat ini didukung oleh program dari kemendikbud ristek yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan memberikan kesempatan bagi para Mahasiswa yang ingin mengembangkan diri melalui aktivitas diluar lingkungan kampus dan berani melakukan pembelajaran dalam peningkatan literasi dan numerasi di lingkungan Sekolah kepada peserta didik. Hal ini menyebabkan mahasiswa harus dibekali kemampuan mengajar. Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dan Hasil dari penelitian Desaining E-Module Praktik Microteaching berbasis Life Based Learning untuk melatih kompetensi Pedagogik Calon Guru dalam mendukung program MBKM dinyatakan sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari validator diperoleh dengan rata-rata 85,87% dengan kategori sangat valid. Hasil pratikalitas dengan rata-rata 92,94% dikategorikan sangat praktis dan untuk hasil efektifitas ketuntasan hasil belajar dengan rata-rata 84,16% dikategorikan sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Desaining E-Module Praktik Microteaching yang di rancang sudah sangat valid, praktis dan efektif untuk dapat digunakan oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...