Najwa
Vol. 1 No. 1 (2023): Mei

Pola Asuh Orang Tua terhadap Masa Depan Anak melalui Parenting Education di Desa Pulerejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar

Moh. Zaenal Fanani (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)
Uswatun Hasanah (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)
Yuan Virga Septa Arieska (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)
Dyah Nafidatus Shoimah (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)
Rina Yuniarti (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)
Ravika Octania (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

Tulisan ini memberikan gambaran upaya mengatasi perkembangan anak pada era sekarang dimana sikap positif orang tua kepada anak berkurang. Pola asuh memiliki peranan penting bagi pembentukan perilaku anak karena dasar perilaku pertama. Masyarakat Desa Pulerejo mayoritas masih menggunakan gaya asuh yang sederhana, sehingga masih banyak ditemukan anak anak di Desa Pulerejo menggunakan tata bahasa yang kurang baik ketika berkomunikasi dengan orang tua. Melalui pendekatan Participation Action Research (PAR), Program ini dititikberatkan kepada membangun kesadaran masyarakat mengenai pola asuh untuk mendidik anak dengan melakukan sosialisasi parenting education. Hasil dari kegiatan sosialisasi parenting education dilakukan di SDN 2 Pulerejo. Peserta dari kegiatan tersebut adalah orang tua siswa kelas 4 hingga 6. Dalam kegiatan tersebut, orang tua antusiasme mendengarkan dan berdialog dengan pemateri diskusi. Selain itu siswa juga antusias mendengarkan pemateri. Hasilnya orang tua mulai memahami cara memberikan pola asuh yang benar dan berusaha diterapkan pada anak di kehidupannya masing-masing.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

najwa

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of Articles published in Najwa: Journal of Research-based Community Service such as Participatory Action Research (PAR), Asset-based Community Development (ABCD), Asset-Based Community Development, Community-Based Research, Service Learning, Community Development, Training and ...