Saat ini dunia usaha sudah sangat berkembang dan tingkat persaingan ditiap perusahaan menjadi semakin ketat. Sehingga apabila produk tersebut sedang menjadi kebutuhan konsumen, maka penjualan bersihnya akan meningkat dan pemasaran pun akan bertambah dan menimbulkan beban penjualan distribusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui beban penjualan distribusi, penjualan bersih, dan pengaruh beban penjualan distribusi terhadap penjualan bersih pada perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan sampel laporan laba rugi pada perusahaan manufaktur yang menjadi objek penelitian. Hipotesis yang ditetapkan uji satu pihak. Metode pemilihan sampel menggunakan menggunakan teknik non probability sampling yakni sampling purposive dan menghasilkan jumlah sampel sebanyak enam perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Teknik analisis yang digunakan korelasi product moment, regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Perhitungan statistik menggunakan SPSS for windows 25. Penelitian ini menunjukan bahwa beban penjualan distribusiberpengaruh signifikan terhadap penjualan bersih secara parsial.”
Copyrights © 2022