Pembelajaran yang menyenangkan dengan permainan membuat suasana belajar berbeda dengan sebelumnya yang hanya duduk manis di dalam kelas mendengarkan, dengan permainan belajar sekaligus bermain dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Sehingga guru perlu merencanakan pembelajaran yang memiliki tujuan dan proses belajar dominan ke peserta didik yang lebih aktif dan senang, jika dalam proses belajar sudah menyenangkan maka hal itu sudah berhasil karena lebih mengembangkan potensi peserta didik. Guru sering kali dalam menyampaikan materi dengan ceramah tanpa bantuan media ataupun alat perantara lain seperti permainan agar dalam proses pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa menerima dengan mudah tanpa adanya paksaan. Selain itu juga minimnya media yang di sediakan di sekolah sebagai penunjang proses pembelajaran. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada guru dalam membuat kreasi proses pembelajaran yang menyenangkan dapat dengan media dari bahan yang ada di sekitar dan dapat memberikan semangat kepada peserta didik dalam proses belajar dengan adanya bantuan media. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah dengan menggunakan metode kegiatan berupa pendekatan dalam bentuk pendampingan. Mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pendampingan ini salah satu hal yang baru sehingga dapat memberikan contoh pembelajaran yang menyenangkan berbasis permainan yang dapat diterapkan nantinya. Pembelajaran yang menyenangkan juga tidak perlu membutuhkan bahan yang mahal, dapat memanfaatkan bahan dari lingkungan sekitar.
Copyrights © 2023