Buku menjadi sangat penting untuk menjadi sarana edukasi menumbuhkan nilai-nilai karakter siswa di negara Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter komunikatif yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis deskripsi kualitatif mengungkapkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka terdapat 11 nilai pendidikan karakter komunikatif. Pada bab I dan bab III masing-masing terdapat 1 nilai pendidikan karakter komunikatif. Bab IV terdapat 7 nilai pendidikan karakter komunikatif. Dan 2 nilai pendidikan karakter komunikatif pada bab VI. Sedangkan pada bab II dan bab IV tidak ditemukan nilai pendidikan karakter komunikatif. Kesimpulannya, buku teks Bahasa Indonesian kelas X kurikulum merdeka telah sesuai dengan arah pendidikan Indonesia yang menekankan pada penanaman nilai-nilai karakter.Kata kunci: nilai pendidikan karakter komunikatif, buku teks Bahasa Indonesia kelas X, kurikulum merdeka
Copyrights © 2023