Data Mining dapat dimanfaatkan di berbagai disiplin ilmu, seperti Toko Sembako Solo Latri, untuk mendongkrak penjualan dan menentukan penjualan sembako. Permasalahan yang ada saat ini adalah penentuan penjualan sembako di Toko Sembako Solo Latri tidak dapat menentukan pola pembelian pelanggan atau jumlah pelanggan yang melakukan pembelian sembako secara bersamaan. Penelitian ini berupaya mengembangkan aplikasi berbasis web yang mengintegrasikan algoritma Apriori ke dalam proses rekomendasi bundling produk pangan pokok. Toko Sembako Solo Latri akan membuat model atau aturan asosiasi guna meningkatkan penjualan. Dengan memanfaatkan metode CRISP-DM, dimungkinkan untuk mendapatkan informasi penting mengenai pola transaksi yang dilakukan secara bersamaan menggunakan algoritma Apriori. Investigasi ini didukung oleh dataset transaksi penjualan untuk periode 1 Februari hingga 20 April 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Apriori dengan nilai support minimal 50% dan nilai kepercayaan minimal 50% menghasilkan tujuh kombinasi set item terbaik. Hasil terbaik adalah nilai support 95,38 persen, nilai kepercayaan seratus persen, dan lift ratio 1,97.
Copyrights © 2023