Klik - Jurnal Ilmu Komputer
Vol. 4 No. 1 (2023): Klik - Jurnal Ilmu Komputer

IMPELEMENTASI SISTEM QRCODE CARD SEBAGAI CONTROL KELUAR MASUK SANTRI BERBASIS WEB (STUDI KASUS PESANTREN QODRATULLAH)

Dwipa, Ruswa (Unknown)
Oktarina, Serly (Unknown)
Teisnajaya, Usep (Unknown)
Jaka Pangestu, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi terus mengalami peningkatan yang signifikan dengan begitu cara pengolahan data informasi menjadi lebih mudah dan efisien. Pesantren Qodratrullah adalah salah satu pesantren tertua di Palembang, memiliki pendidikan yang cukup lengkap, untuk pendidikan formalnya tersedia dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Saat ini proses perizinan keluar masuk santri masih dikelola secara manual, yaitu masih dicatat dan disimpan dalam buku besar santri. Cara ini sangat tidak efisien karena, membutuhkan pemakaian kertas, dan ada kemungkikan resiko kehilangan data. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memberikan usulan untuk membangun aplikasi yang berfungsi untuk mengurus izin keluar masuk santri lebih cepat dan efisien dengan menggunakan QRCode Card dan dapat diakses secara online menggunakan web. Jadi jika para santri ingin izin keluar masuk cukup akses aplikasi untuk membuat permohonan dan menunggu konfirmasi dari kepala asrama. Setelah dikonfirmasi santri langsung bisa kepintu keluar pesantren dengan menunjukkan QRCode Card mereka untuk discan anggota security verifikasikan bahwa izin mereka sudah dikonfirmasi kepala asrama. Pengujian program menggunakan Blackbox Testing untuk menguji apakah komponen sistem sudah berjalan dengan lancar atau ada errot muncuk. Hasil pengujian mendapatkan hasil positif dimana setiap komponen sistem yang diuji berjalan dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

klik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Ilmu Komputer meliputi sub bidang : Aplikasi Ilmu Komputer, Grafika Komputer, Interaksi Komputer - Manusia, Jaringan Komputer dan Komunikasi, Kecerdasan Buatan, Perangkat Keras dan Arsitektur, Sistem Informasi, Perangkat Lunak, Visi Komputer dan Pengenalan Pola, Teori Komputasi dan ...