FOCUS: Journal of Social Studies
Vol 4 No 2 (2023): FOCUS: Jurnal Ilmu Sosial

Peran Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM

Juniawaty, Rudeva (Unknown)
Suyahya, Indra (Unknown)
Herwati, Kanaria (Unknown)
Juriah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pemasaran UMKM yang semula dilakukan secara konvensional menjadi secara digital. Pelaku UMKM harus mampu mengikuti perkembangan zaman dan memilih salah satu media untuk dijadikan alat promosi bagi usaha mereka. Hal ini dikarenakan media sosial merupakan salah satu alat promosi yang dapat digunakan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dengan biaya yang murah. Metode penelitian yang digunakan kali ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pelaku UMKM sebagai narasumber.  Hasil wawancara yang dilakukan kepada ketiga narasumber ditemukan beberapa kesamaan dalam pola bisnis yang dilakukan oleh pelaku UMKM. One man show dalam bisnis UMKM menjadi salah satu penghambat berkembangnya bisnis UMKM. Dan belum adanya admin yang mengelola usaha secara online juga sedikit menghambat penjualan yang seharusnya dapat dijangkau untuk calon konsumen yang lebih luas

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

focus

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

FOCUS is a Journal of Social Studies Manuscripts for FOCUS must fall into one of the following categories: 1. Sociology 2. Anthropology 3. Psychology 4. Economy 5. Social Geography 6. Politics 7. History 8. Other Social ...