FOCUS: Journal of Social Studies
Vol 4 No 2 (2023): FOCUS: Jurnal Ilmu Sosial

Pengaruh Bermain Game Online terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi SMA PGRI 2 Kota Bekasi

Eka Putri, Nur Dika (Unknown)
Rahman P, Chientya Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh displin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Pada mata pelajaran Ekonomi di SMA PGRI 2 Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik Pengambilan Sampel Menngunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 80 siswa di SMA Pgri 2 Kota Bekasi. Data yang digunakan adalah Analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan uji hipotesis di peroleh thitung sebesar 10,067 dan nilai ttabel  sebesar 1.991. Hal ini berarti thitung > ttabel yakni 10,067 > 1.991 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya Game Online berpengaruh signifikan terhadap Disiplin Belajar Siswa kelas X pada mata pelajarn ekonomi. Kemudian berdasarkan hasil uji koefisiensi determinasi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi yang di peroleh sebesar sebesar 0,565. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi game online (X) terhadap disiplin belajar (Y) adalah 56,5% sedangkan sisanya 43,5%  di pengaruhi variabel lain yang tidak dijelaksan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

focus

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

FOCUS is a Journal of Social Studies Manuscripts for FOCUS must fall into one of the following categories: 1. Sociology 2. Anthropology 3. Psychology 4. Economy 5. Social Geography 6. Politics 7. History 8. Other Social ...