Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis powerpoint terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA PGRI 2 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif komparatif. Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 80 siswa di SMA PGRI 2 Bekasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X.IPS sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan X.IPA sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif komparatif, dengan desain eksperimen (Randomized Matched Subjects Post Test Only) memasangkan subjek hanya postes. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis uji t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh uji hipotesis pada baris t-test for Equala means diperoleh t= -8379 df= 78 dan sig (2 tailed) atau p value = <0,001<0,05 dan dapat di nilai dengan df=78 sementara penelitian adalah 5% dibagi 2 = 2,5% atau sama dengan 0,025. Nilai ttabel dari df=78 = 1,991 sedangkan thitung =-8379. Jadi nilai thitung > ttabel yakni 8,379 > 1,991 artinya ditolak dan diterima. yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa yang menerapkan media pembelajaran berbasis powerpoint (X) terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi. Dengan demikian hipotesis yang diajukan teruji oleh data dan dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media powerpoint lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di SMA PGRI 2 Bekasi.
Copyrights © 2023