Sayuran yang merupakan tanaman holtikultura, memiliki nilai komersial yang cukup tinggi. Umumnya jenis sayuran hanya ditemukan di pasar-pasar tradisional tetapi saat ini berbagi jenis sayuran dapat ditemukan di pasar -pasar ritel modern saat ini. Seorang konsumen dalam menentukan pilihannya sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, dengan motif yang berbeda-beda dalam menentukan jenis sayuran yang akan dikonsumsinya, jumlah yang akan dibeli, harga yang dapat memuaskannya, waktu pembelian, tempat pembelian, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap sayuran di pasar tradisional dan pasar modern di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di enam lokasi terdiri atas 3 pasar modern dan 3 pasar tradisional di Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan September sampai dengan November 2021. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di pasar tradisional (Pasar Toddopuli, Pasar Terong dan Pasar Antang) dan pasar modern (Lotte Mart Mall Panakukang, Hero Perintis Kemerdekaan, dan Gelael Signature Makassar) . Setiap masing-masing lokasi diambil 20 responden dengan total sebanyak 120 responden. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu untuk menganalisis sikap konsumen terhadap sayuran di pasar tradisional dan sayuran pasar modern di kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan digunakan dan Gelael Signature Makassar). Setiap masing-masing lokasi diambil 20 responden dengan total sebanyak 120 responden. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu untuk menganalisis sikap konsumen terhadap sayuran di pasar tradisional dan sayuran pasar modern di kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan digunakan dan Gelael Signature Makassar). Setiap masing-masing lokasi diambil 20 responden dengan total sebanyak 120 responden. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu untuk menganalisis sikap konsumen terhadap sayuran di pasar tradisional dan sayuran pasar modern di kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan digunakanikan multiatribut . Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden konsumen sayur pasar tradisional dan pasar modern memiliki sikap positif yang baik terhadap sayuran di pasar tradisional dan pasar modern. Secara keseluruhan atribut-atribut sayuran pasar tradisional memiliki keunggulan pada harga yang kompetitif, kesegaran, kebersihan sayur, pelayanan dan ketersediaan sedangkan sayuran di pasar modern unggul pada pelayanan, kebersihan tempat, kesegaran, dan ketersediaan sayuran.
Copyrights © 2022